Rabu, Februari 06, 2008

HTML


HTML, Berawal dari Milis

Perkembangan teknologi ternyata tak hanya mempermudah bagi seseorang dalam melakukan pekerjaannya, tapi juga memperlancar mengembangkan hobinya. Bahkan teknologi seperti milis (mailing list) pun bisa membuat para pehobi otomotif bisa berkumpul menjadi satu dan saling membantu.

Rupanya, milis bagi klub otomotif Honda Tiger Mailing List (HTML) sudah merupakan wahana pemersatu para pehobi dan pemilik kendaraan roda dua produk Honda. Dengan alamat di www.hondatiger.or.id inilah, membuat para pengunjung milis sepakat untuk mengikrarkan diri dan bersatu layaknya sebuah klub. ''Memang pembentukkan klub ini diawali lewat milis pada 28 Oktober 2000.

Selama tiga tahun itu, kami sudah punya anggota milis yang memiliki stiker anggota HTML sebanyak 700 orang dari berbagai daerah,'' ujar Ketua HTML, Suharjo Nugroho, atau kerap disapa Jojo beberapa waktu lalu. Selama tiga tahun itulah, para anggota milis berbagi informasi berkaitan kendaraan tunggangan mereka, yaitu Honda Tiger. Informasi itu bisa berkaitan dengan soal produk, aksesori, modifikasi, kiat-kiat tertentu, hingga ke sosialisasi.

Persoalan yang ada makin berkembang, terutama adanya tuntutan yang dirasakan untuk bertemu. ''Pertemuan itu dilakukan lebih dari setahun lalu, yaitu 17 Agustus 2002. Kopi daratnya itu digelar pakai turing perdana ke Puncak tempatnya di Rindu Alam. Penyelenggaraannya dibantu oleh Jakarta Tiger Club (JTC),'' sambung Jojo.

Sebenarnya, lanjutnya, bentukan awalnya masih belum jelas. Apalagi, ada pengalaman dari seorang rekan mengenai klub. Seringkali, dalam klub terjadi konflik. ''Dari pengalaman itulah kami lebih memilih tetap berupa HTML saja, daripada sebuah klub otomotif resmi. Karena, tak ada ikatan dan ketentuan itu, justru membuat anggota semakin banyak.

Dari tadinya sebanyak 10 orang, berkembang menjadi puluhan orang.'' Masalah tak ada ikatan ini, tambah anggota HTML asal Bandung, Iwan 'Adoel' Setiawan, membuat para anggota malah semakin erat. Salah satunya adalah dengan tidak adanya iuran, tak ada inisiasi, tak wajib kumpul, dan tak ada wakib ikut acara. ''Yang kita rasakan sendiri, kita ini orang kerja yang masih punya keinginan untuk merawat motor sendiri tapi tak punya waktu.

Lewat milis, kita bisa bertukar pikiran. Untuk itu, kita tak mesti kumpul atau harus ke Jakarta, 'kan,'' tuturnya. Dengan cara milis tersebut, papar Adoel, semua informasi bisa diketahui para anggota di berbagai daerah. Apalagi, dengan makin banyaknya anggota, maka informasi pun semakin cepat dilakukan dan berbagai kegiatan pun lancar direncanakan dan digelar. Contohnya saja, kata pria ini, dalam berbagai acara, HTML kerap datang.

Bahkan, kalau mengadakan kegiatan, rancangan, proposal, dan sebagainya, bisa dilakukan dalam waktu yang cepat. Semua anggota seperti dari DIY, Semarang, Batam, Bandung, Lampung, Cirebon, hingga ke Singapura bisa memberikan masukan dan saran lewat milis. Karena melesatnya jumlah keanggotaan hanya dalam waktu setahun, banyak klub sejenis, terutama dengan tunggangan sejenis, muncul kecemburuan pula. Hal ini tak disangkal Jojo.

Pada awalnya, pada saat turing perdana, HTML masih dilihat sebelah mata. Namun, kini dengan banyaknya anggota dan keakraban yang terlihat, HTML terbilang cukup diperhitungkan di kalangan kelompok otomotif. ''Inilah kelebihan dari HTML yang bukan berbentuk klub. Kita tak terkotak-kotak dari klub mana mereka berasal. Kita lebih condong ke paguyuban. Dari klub mana pun mereka atau privatir, kalau ingin ikut milis, silakan saja,'' ujar Adoel.

Kini, HTML mulai memperkuat posisi dengan berbagai kegiatan. Berbagai kegiatan yang digelar antara lain kopi darat tiap malam Sabtu di Jakarta, turing, kunjungan ke pabrik, kursus safety riding, bakti sosial, dan juga mudik bareng waktu Idul Fitri kemarin. Semua kegiatan itu juga mendapatkan dukungan sponsor dari sebuah diler resmi Honda dan salah satu produk komponen motor, HTML semakin kuat. Tak hanya itu, para anggota juga diberikan keuntungan dengan servis kendaraan yang ringan serta dukungan dari produsen pelumas

Tidak ada komentar: